Rabu, 20 Maret 2019

KENALIN NH.. MESIN PENCETAK MODEL 3D

Perkembangan zaman memang tiada habisnya, Teknologi terus dikembangkan guna memudahkan kehidupan manusia. Banyak hal yang dapat kita manfaatkan dari teknologi - teknologi sekarang ini contohnya memudahkan kehidupan manusia dalam melakukan segala aktivitias. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin memperkenalkan para viewers atau pembaca blog ini tentang mesin pencetak model 3D yakni 3D PRINTER

Mesin 3D Printer adalah mesin pembuat object dari file digital menjadi suatu object 3D yang memiliki massa dan volume. 3D printer biasa digunakan untuk pembuatan prototype atau model dari berbagai produk seperti untuk berbagai aplikasi seperti desain produk, arsitektur, otomotif, militer, medis, fashion, sistem informasi geografis sampai dengan bioteknologi (penggantian jaringan tubuh manusia).



PROSES KERJA 3D PRINTER


Pada dasarnya, cara kerja membuat cetakan 3 dimensi sama saja dengan printer inkjet konvensional dimana printer membuat layer atau lapisan-lapisan cetakan warna untuk membuat sebuah objek terlihat seperti seharusnya. Hanya saja pada 3D printer yang digunakan bukanlah tinta tetapi plastic molten wax dan material lainnya sehingga menjadi sebuah objek yang diinginkan. Ada beberapa yang harus disiapkan dalam penggunaan proses 3D printer diantaranya.


1. PERSIAPAN MODEL 3D


jika kamu memiliki skill 3D modeling dari software - software yang kamu kuasai ada persiapkan lah model 3D yang telah kamu buat untuk dicetak lalu pastikan tidak terdapat sebuat bug atau celah - celah polygon, shape, dan lain sebagainya yang kosong agar apa yang ingin diprint menggunakan 3D printer ini dapat dicetak optimal.

Akan tetapi jika kamu tidak memiliki skill 3D Modeling kamu dapat mendownloadnya di berbagai situs 3D yang menyediakan 3D Model yang kamu suka atau yang kamu butuhkan, Dibeberapa situs terdapat 3D MODEL free dan ada pula yang berbayar. Dan berikut situs - situs yang menyediakan 3D model yang dapat kamu download, Menurut sepengatahuan kamu. :

di beberapa situs diatas ada yang berbayar karena model dan proses pembuatannya lebih detail ketimbang yang free, akan tetapi ada beberapa model yang free yang sekiranya memadai untuk diprint.
2. PROSES PRINTING

Sudah mendapatkan model yang diinginkan? dan ingin memulai prosesnya? sabar dulu..... Masih ada proses yang harus dilihat yaitu proses format 3D printingnya. Pastikan model yang kamu punya sudah dirubah formatnya menjadi stl. karena software 3D printing itu menggunakan format stl. tapi jangan khawatir di windows 10 itu terdapat software yang dapat dibuka menggunakan format stl. Akan tetapi biasanya untuk software 3d print saya menggunakan CURA
begitu format stl. telah siap jadi untuk diprint nanti maka tinggal diakumulasi menggunakan software 3D printernya. Proses lamanya pembuatan tergantung dari ukuran, skala, volume model yang telah dibuat. seperti yang sudah dijelaskan diatas 3D printer itu hampir sama seperti printer cetak inkjet akan tetapi 3D printer menggunakan bahan material filament ( PLA, ABS, HIPS, & Flex ). Akan saya jelaskan nanti penjelasan bahan - bahan yang tadi saya sebut.

3. HASIL
Nahhh.. jika sudah melewati proses yang diatas tadi maka hasil jadi akan seperti gambar dibawah ini.



sekilas masih banyak permukaan permukaan yang masih kasar atau garis mengganggu pada bagian - bagiannya. Akan saya jelaskan diartikel berikutnya jangan lupa untuk berlangganan pada situs kami agar tidak kelewatan info - info menarik lainnya.


Dan begitulah jadinya mesin pencetak imajinasi disini kita dapat menggunakan mesin ini menjadi model yang kita inginkan seperti action figure ini.

Teman - teman ga punya mesin 3D printingnya? tenang kami menyediakan jasa 3D Printing buat teman - teman yang ingin merealisasikan model 3Dnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar